Menkopolhukam Gelar Kerjasama Lima Lembaga Berantas Kejahatan HAM

DELIK INDONESIA - Menko Polhukam, Mahfud MD bersama lima lembaga dalam Koalisi Untuk Pencegahan Penyiksaan (KuPP) membahas perihal upaya mengatasi penyiksaan dan tindakan yang mengarah pada kerendahan martabat manusia.

Dalam kesempatan yang sama, Mahfud MD, menuturkan akan terus melakukan peningkatan upaya perlindungan dan penegakan Hak asasi Manusia untuk lebih baik lagi kedepannya lebih spesifik dirinya menyebutkan retifikasi Protokol Opsional Konvensi Internasional Menentang Penyiksaan (OPCAT).

Lembaga yang masuk dalam KUPP tersebut diantaranya, Komnas Hak Asasi Manusia (HAM), Komnas Perempuan,, KPAI, serta Ombusman RI. Pasalnya, Kelima Lembaga tersebut memiliki kepedulian terhadap Rumah Tahanan atau Lapas dan lembaga lainnya yang di anggap memiliki kesamaan termasuk juga panti rehabilitas. Hal tersebut dinilai perlu dilakukan dan diharapkan dapat mencegah pelecehan, kerendahan martabat manusia serta penyiksaan.

Mahfud MD juga menuturkan sudah sejak awal telah melakukan MoU dengan Kementrian Hukum dan HAM, Ditjen Lapas dan Imigrasi. Hal tersebut lanjut dia, sudah dirintis dengan Polisi Republik Indonesia (Polri)

Lebih Lanjut, Mahfud MD beserta lembaga-lembaga tersebut berharap, Indonesia segera melakukan retifikasi Optional Protocal Convention Against Torture (OPCAT) atau Opesional Konvensi Internasional menentang penyiksaan dan perlakukan atau penghukuman lainnya yang kejam dan tidak manusiawi. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel