Ticker

6/recent/ticker-posts
...

Pengelolaan Dana CSR Secara Efektif dan Mandiri: Ketua Umum PCN, Perlu Sinergi yang Baik dan Terorganisir



DELIK INDONESIA - Perkembangan Corporate Social Responsibility (CSR) tidak bisa lepas dari konsep pembangunan berkelanjutan (sustainability development). Seperti diketahui CSR sebagai sebuah komitmen berkelanjutan dari para pelaku bisnis untuk berperilaku secara etis dan memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi negara agar efektif dan berkajuan di segala aspek.

Pun juga diharapkan pengelolaan dana CSR tersebut bisa meningkatkan kualitas hidup dari para pekerja dan keluarganya, demikian pula masyarakat lokal dan masyarakat secara luas. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum lembaga Pengelolaan CSR Nusantara (PCN) Emanuel E. Sala kepada wartawan pada, Rabu, (06/1/2020)

Menurutnya, dengan kehadiran lembaga PCN diharapkan sebagai salah satu lembaga kontrol dan pengawasan sekaligus distributor bersama pemerintah dalam pengelolaan dan pengalokasian CSR hingga sampai ke tangan masyarakat luas.

Kendati demikian dirinya meyakini pengelolaan dan pengawasan CSR akan efektif bila dilakukan secara bersama termasuk juga PCN.

“Kita bangkit dan lahir sebagai anak bangsa dan turut serta terpanggil untuk mewujudkan cita-cita bangsa kita yang termuat dalam Pembukaan undang-undang Dasar 1945. Bahwa kemerdekaan itu adalah jembatan dan setelah melewati jembatan kita harus mengisi kemerdekaan itu dengan sesuai agar dapat terwujud kemadirian ekonomi bangsa guna mencapai cita-cita kesejahteraan itu dengan mudah.” Ujar Emanuel

Selain itu, dirinya juga menuturkan terdapat banyak lembaga yang secara khusus sebelumnya mengatur dan mengelola CSR, namun juga disayangkan masih belum efektif CSR tersebut sampai kepada masyarakat. Karenanya, dirinya menegaskan kehadiran PCN yang dibentuk sangatlah berbeda mekanisme dan tata cara pengelolaan CSR dengan lembaga lainnya yang sudah terbentuk sebelumnya.

“Hal ini adalah bagian terkecil sebagai anak bangsa kita berusaha untuk mengangkat sesuatu yang belum terjamah teristimewa dalam kaitannya dengan pengelolaan dana CSR yang sudah selama kita merdeka. Dan saya tegaskan sangatlah berbeda lembaga PCN ini dengan lembaga CSR yang sudah ada sebelumnya dalam tata cara dan pengelolaan CSR” Tegasnya

Pun kata Emanuel, pihaknya berharap agar pemerintah mengeluarkan keputusan atau aturan agar bisa membantu harapan masyarakat melalui lembaga PCN tersebut.

“Karena itu ke depan kita berharap agar pemerintah bisa membantu harapan masyarakat melalui kami melalui PCN ini. Pengelolaan keuangan harus dilakukan seefektif mungkin ada lembaga khusus yang bisa mengelolanya sehingga kami hadir dan siap mengelola dan sekiranya pemerintah bisa mengeluarkan keputusan atau aturan sehingga CSR ada di Indonesia ini bisa berlaku secara efektif”. Papa dia

Lebih jauh dirinya juga menyatakan kehadiran lembaga PCN tersebut tak terlepas jauh dengan visi Nawacita Presiden Jokowi.

“Kita mengikuti nawacita Presiden kita agar kita benar-benar bersinergi dengan pemerintah dalam pengelolaan anggaran. Kita siap bantu pemerintah untuk mengelola sehingga bisa secepat mungkin sampai kepada akar rumput sampai kepada siapa yang membutuhkannya itulah kami hadir sebagai anak bangsa yang siap membantu” Tandasnya

Perihal pengoperasian CSR, Emanuel menyampaikan Lembaga PCN sudah membangun mobilisasi hingga ke provinsi dan daerah-daerah di seluruh pelosok nusantara. Pasalnya, hal tersebut dilakukan untuk memperketat pengawasan dan pengoperasian berjalan efektif dan tepat sasaran.

“Kita akan perketat pengawasan karena itu penting untuk bisa mengetahui sasaran dari pengoperasional bantuan kita sampai ke tujuan. Lembaga PCN ini bukan hanya di pusat saja, melainkan terbentuk struktur hingga di seluruh provinsi bahkan di seluruh kabupaten kota di Indonesia” Pungkas Ketua Umum PCN Emanuel E. Sala

Hal senada juga disampaikan Deputi Antar Lembaga PCN, Iskandarsyah bahwa lembaga Pengelolaan CSR Nusantar (PCN) sangat berbeda dengan lembaga CSR lainnya. 

Dirinya juga menegaskan akan membangun komunikasi dan mengkorinasikan dengan lembaga-lembaga negara terkait termasuk DPR dan Kementrian terkait guna membangun mitra kerjasama dalam pengawasan dan pengelolaan CSR tersebut.

“Lembaga PCN ini saya tegaskan bukan perpanjangan tangan dari lembaga CSR laainnya sangat berbeda dari aspek tata kelolanya dan mobilisasinya. Saya dengan teman-teman pengurus akan terus mengkomunikasin dan membangun kerjasama yang baik dengan lembaga negara terkait termasuk DPR dan Kementrian-kementrian terkait agar penyaluran CSR ini efektif hingga ke tangan masyarakat” Tegas Iskandarsyah