Masuk 3 Pekan Situs Bawaslu Bursel Tak Bisa di Akses, Umar Alkatiri Diminta Mundur Dari Jabatannya

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Buru Selatan, Umar Alkatiri

DELIK INDONESIA - Pasca Pemilihan Kepada daerah (Pilkada) 9 desember 2020 lalu diketahui banyak lembaga penyelenggara KPU dan Bawaslu di daerah-daerah mendapatkan serangan system (Heacking).

Menyoroti hal itu, Ibrahim Malik Fatsey akarabnya disapa IMF dalam keterangan persnya menuturkan kejadian bloked system bawaslu di beberapa daerah termasuk provinsi Maluku sejak selasa, 29 Desember 2020 lalu terpantau hingga saat ini belum mendapat pembaharuan dan penguatan security system yang dilakukan oleh Bawaslu.

Dirinya kemudian menyoroti situs Bawaslu kabupaten buru selatan dengan link akses buruselatan.bawaslu.go.id yang hingga kini belum mendapatkan pengembalian system data bawaslu di kabuapaten tersebut apalagi pasca pemilihan kepala daerah pada 9 desember lalu menjadi tanya tersendiri.

"Bloked System ini kok belum ada inisiatif pihak Bawaslu bursel untuk mengembalikan systemnya kembali ada apa ? yang saya tahu server Bawaslu buru selatan pasti banyak datanya apalagi pasca pilkada kemarin" Tutur Ibrahim kepada wartawan, Selasa, (12/1/2021)

Dirinya meminta Bawaslu Buru Selatan (Bursel) segera mencari solusi atas permasalahan Bloked System yang diduga dilakukan Heackering yang belum diketahui apa motifnya.

"Systemnya itu saat saya lihat kok belum bisa di buka atau di akses oleh publik, banyak data digital elektronik Bawaslu bursel yang barangkali masih terekam oleh sistem server, bagaimana cara mengembalikannya ya itu upaya mereka untuk itu. Kita hanya mengingatkan, kasihan data masyarakat apalagi pasca pilkada 9 desember lalu" Ujarnya

Olehnya, dirinya berharap pihak Bawaslu Bursel dapat berupaya melakukan pengembalian dengan tidak menunggu waktu terlalu lama terlebih juga penguatan security system yang bagus agar jangan sampai terjadi insiden yang sama di kemudian hari.

"Inilah saya sering katakan, pemerintah daerah terutama buru selatan jangan terlalu berfikir yang Kuno. Kenapa ? pengembangan sumber daya manusia di bidang informasi dan teknologi kalo dilakukan dengan baik dan mandiri sejak awal, maka Buru Selatan memiliki bibit generasi yang tidak kala penting dan saing di bidang itu. Karena, ini zamannya perkembangan teknologi dan informasi. Banyak Heakering jaringan dan itu sepengetahuan saya kalo kurang sumber daya manusia yang mumpuni di bidang Informasi dan Teknologi itu sudah lepas landas data dan sebagainya itu" Ujarnya Ibrahim Penuh Serius

Dirinya menghimbau dalam waktu 2 kali 24 jam bila belum bisa dikembalikan situs system Bawaslu Buru Selatan, dirinya minta agar ketua Bawaslu Bursel, Umar Alkatiri segera undur diri atau di gantikan dengan yang berkompeten.

"Saya berharap semoga di pulihkan systemnya. Mungkin sebagian berfikir tidak terlalu penting, namun menurut saya data digital system akan sangat berpengaruh besar terhadap keberlanjutan data base. Apalagi sekarang terupusatkan secara system dari pusat hingga daerah. Singkatnya kalo tidak pake Central System, Tipu-tipu itu banyak terjadi di sana. Kalo tidak mampu kembalikan, baiknya undur diri atau di gantikan dengan yang berkompeten" Tutupnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel