Ticker

6/recent/ticker-posts
...

HRS Tidak Menghadiri Persidangan Pra Peradilan PN Jaksel Hari Ini

Pemeriksaan Berkas Oleh Penyidik di pengadilan Negeri Jakarta Selatan (Foto: Fikri)

DELIK INDONESIA - Sidang Pra Peradilan penetapan status tersangka kerumunan petamburan Habib Rizieq Shihab (HRS) di gelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini, Senin, (04/1/2021)

Kuasa hukum Habib Rizieq Shihab (HRS) Khamil Pashah mengungkap salah satu materi yang digugat dalam persidangan Rizieq Shihab kali ini ialah penggunaan pasal 160 KUHP yang disangkakan kepada Rizieq Shihab dengan kasus kerumunan petamburan hingga gelar maulid dan pernikahan anaknya.

Sementara itu dia menilai pasal 160 KUHP yang menjerat HRS dalam kasus kerumunan di petamburan pada beberapa pekan lalu dinilai tidak tepat. Pasalnya pasal 160 tersebut sebagai dalil untuk penahan HRS dalam kasus kerumunan di petamburan pada 14 November yang lalu. 

Hal tersebut dikarenakan UU tentang Kekarantinaan pada pasal 93 ancaman-nya maksimal 1 tahun kurungan penjara, sementara di pasal 160 ancaman pidana maksimal 5 Tahun penjara. Sehingga hal tersebut pihaknya menganggap proses hukum yang di alamatkan kepada Rizieq Shihab tidak adil.

Untuk diketahui, sebelumnya permohonan praperadilan tersebut didaftarkan pada tanggal 15 Desember 2020, tercatat dengan nomor registrasi 150/Pid.Pra/2020/PN.Jkt.Sel.

Menurut Aziz Yanuar dengan didaftarkannya gugatan praperadilan merupakan salah satu upaya menegakkan keadilan dan upaya elegan dari tim kuasa hukum untuk membela kepentingan hukum ulama.

Untuk diketahui bahwa sidang pra peradilan yang dilakukan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kali ini, tidak hadiri lansung oleh Rizieq Shihab dikarenakan bersamaan dengan agenda pemeriksaan yang yang dilakukan di polda Metro Jaya. 

"tidak, karena bersamaan dengan egnda pemeriksaan juga di polda Metro Jaya hari ini" Kata kuasa Hukum Rizieq Shihab, Senin, (04/1/2021)

Sebelumnya seperti dalam pantauan delikindonesia.com simpatisan baik dari pemohon dan termohon di batasi untuk memasuki ruang persidangan dikarenakan penerapan protokol kesehatan.