Destinasi Wisata Indah Pantai Ora Maluku yang Harus Anda Kunjungi

Objek Wisata Pantai Ora, Maluku

DELIK INDONESIA - Maluku merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekali tempat wisata alam keren dan sangat luar biasa keindahannya. Hanya saja, akses yang masih sulit membuat wisatawan berpikir dua kali untuk berlibur disini. Seperti umumnya daerah timur Indonesia, ketika membicarakan wisata maka 80% nya adalah berbicara soal wisata alam. Baik itu wisata gunung atau pantai.

Untuk objek wisata di Maluku kali ini, dirangkum dalam serial Destinasi Indonesia oleh delikindonesia.com guna mengajak, melihat dan menikmati suguhan keindahan panorama alam yang ada di Maluku yang eksotik dan penuh harmony salah satunya adalah destinasi objek wisata pantai Ora.

Pantai Ora memiliki taman bawah laut yang sangat indah, pantai yang bersih dan air laut yang jernih membuat Pantai Ora layaknya kaca karena kita bisa melihat bebatuan karang dari atas. Pantai Ora memang terkenal dengan keindahan bawah laut, bahkan saking indah banyak wisatawan menyebut Pantai Ora mirip dengan pantai yang ada di Maladewa.

Keunggulan Pantai Ora adalah pasir yang putih bersih, air laut yang berwarna biru kehijauan dan jernih, serta kekayaan terumbu karang dan biota laut. Untuk bisa melihat keindahan bebatuan karang di Pantai Ora kita tidak perlu menyelam terlalu dalam, hanya menyelam sekitar 2-3 meter saja kita sudah bisa melihat indah surga bawah laut Pantai Ora.

Pantai Ora adalah suatu pantai yang terletak pulau Seram, kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Pantai yang berlokasi di ujung barat teluk Sawai ini berada di sebelah desa Saleman dan desa Sawai, di tepi hutan Taman Nasional Manusela.

Untuk mencapai Pantai Ora ini dari berbagai daerah di seluruh pelosok nusantara dapat dilalui melalui akses laut (Kapal Laut) maupun udara (pesawat), perjalanan dilakukan menuju Kota Ambon. Beberapa penerbangan komersial Indonesia menawarkan beberapa alternatif jadwal penerbangan semisal dari Jakarta – Ambon.

Dari sudut kota Ambon, pintu menuju Pantai Ora adalah Pelabuhan Hulnara, Tulehu. Di pelabuhan ini terdapat ferry menuju Amahi dengan jadwal 2 (dua) kali pada setiap harinya. Tulehu – Amahai pukul 09.00 dan 16.00 Senin-Sabtu, sementara hari Minggu hanya satu kali perjalanan pukul 11.00. Untuk jadwal kembali Amahai – Tulehu, pukul 08.00 dan 14.00 Senin-Sabtu, sementara hari Minggu 15.00.

Dari pelabuhan Amahai hingga saat ini belum ada transportasi umum menuju pelabuhan Desa Saleman yang menghubungkan dengan Pantai Ora. Alternatif transportasi darat dari Pelabuhan Amahai menuju desa Saleman adalah melalui sewa kendaraan. Waktu tempuh perjalanan Amahai – Desa Saleman melalui Trans Seram sekitar 2,5 jam dengan menyusuri wilayah kota Masohi dan wilayah Teon, Nila dan Serua (TNS) serta melewati liku-liku jalur pegunungan yang indah dan wilayah Taman Nasional Manusela.

Setelah mencapai pelabuhan Desa Saleman, perahu bermesin kecil sekitar 15 menit akan mengantarkan pengunjung menguak keindahan pantai Ora yang tersembunyi. Bagi penduduk setempat, dari desa Saleman menuju Pantai Ora dapat dilakukan dengan jalan kaki menyusuri tebing dengan jalan setapak di pesisir teluk Sawai.

Lebih dari itu, harga tiket untuk masuk Pantai ora terbilang cukup terjangkau oleh pengunjung. Selain itu juga, pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai aneka kuliner lokal yang khas, lezat dan bergizi sehingga membuat diri anda menjadi nyaman, sehat dan bahagia menikmati perjalanan anda di pantai indah ini. Semoga perjalanan anda menyenangkan dan penuh kesan yang tak terlupakan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel