Berikut 5 Aplikasi yang Sering Jadi Target Kejahatan di Malam Tahun Baru

Ilustrasi

DELIK INDONESIA - Tepat pada hari kamis, (31/12/2020) dimana malam ini merupakan momentum terakhir di bulan desember. Banyak aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat dunia untuk merayakan momentum terakhir di tahun 2020 ini. Namun, tidak kalah penting adalah banyak peristiwa yang tidak diduga (kejahatan maya) yang juga ikut mengganggu aktivitas dan kenyamanan tahun baru anda.

Dalam momentum pergantian tahun ini Delikindonesia.com mengucapkan "SELAMAT TAHUN BARU 2020". Namun diselah-selah kegembiraan anda dan keluarga tercinta menikmati momentum tahunan tersebut. perlu kami ingatkan sahabat sekalian dimanapun berada, terkait dengan kejahatan yang sering didapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Kejahatan tersebut sering terjadi di lima aplikasi media sosial diantaranya :

1. Aplikasi Facebook

2. Aplikasi WhatsApp

3. Aplikasi Instagram

4. Aplikasi Telegram

5. Aplikasi MeChat

Lima aplikasi diatas, sering digunakan oleh sang pelaku kejahatan maya untuk menipu, pemerasan, pemerkosaan, dan sebagainya. Untuk diketahui bahwa, kejahatan dunia maya adalah sisi lain dari keamanan siber, spektrum besar aktivitas merusak dan ilegal yang dilakukan menggunakan komputer dan Internet.

Kejahatan dunia maya secara luas di definisikan sebagai aktivitas ilegal apa pun yang melibatkan komputer, perangkat digital lain, atau jaringan komputer. Contoh cyber crime di antaranya yaitu ancaman keamanan cyber seperti rekayasa sosial, eksploitasi kerentanan perangkat lunak, dan serangan jaringan. Tetapi itu juga termasuk tindakan kriminal seperti pelecehan dan pemerasan, pencucian uang, dan banyak lagi.

Pelaku kejahatan dunia maya sering kali menargetkan individu dan bahkan perusahaan. Biasanya, penyerang menargetkan bisnis untuk keuntungan finansial langsung atau untuk menyabotase atau mengganggu operasi. Mereka menargetkan individu sebagai bagian dari scam skala besar, atau untuk membahayakan perangkat mereka dan menggunakannya sebagai platform untuk aktivitas jahat.

Biasanya pelaku kejahatan tersebut diatas, melakukan aktivitasnya di momentum seperti malam tahun baru atau hari-hari besar. Dimana semua orang dalam keadaan bahagia yang akhirnya lupa menjaga privasi di dunia maya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel